rss

Berita Nasional Terbaru

Powered by Blogger Widgets

Berita Internasional Terbaru

Powered by Blogger Widgets

Sabtu, 15 Agustus 2009

Perumahan dengan Konsep Islami


Perumahan dengan konsep Islami, saat ini telah menjadi tren yang sedang dikembangkan oleh banyak pengembang. Pangsa pasar dari perumahan jenis ini sangatlah luas, mengingat hampir 90% penduduk Indonesia adalah penganut agama Islam.

Konsep perumahan Islami ini masih belum terlihat secar jelas saat ini. Banyak pengembang yang hanya berkuta pada bentuk dan desain rumah yang berciri khaskan seperti masjid, dimana ornamen kaligrafi banyak yang digunakan. Contoh lain adalah : terdapatnya musholla di dalam rumah, terdapatnya tempat untuk berwudhlu, kamar mandi yang tidak boleh menghadap kiblat, posisi kamar tidur yang menghadap kiblat.

Dalam segi pembangunan kawasan pembangunan sisi Islami masih belum terlihat secara jelas, hanya terdapat Musholla atau Masjid Perumahan. Dari sisi sosial, pembangunan dari segi kawasan masih belum banyak diterapkan, padahal agama Islam adalah agama yang sosialis, dimana kehidupan antar tetangga menjadi prioritas dalam berkehidupan.

Seharusnya dalam pembangunan perumahan juga harus dipertimbangkan aspek-aspek pembangunan Islami, dimana ada area publik yang bisa digunakan untuk melakukan silaturahmi para penghuni, terdapatnya fasilitas pendidikan Islami, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal (pesantren, Tempat Pendidikan Al Qur'an, dsb).

Pengkategorian antara fasilitas untuk laki-laki dan perempuan juga harus menjadi prioritas (terkait dengan konsep muhrim). Contoh penggunaan konsep ini adalah pemisahan antara kamar mandi untuk laki-lai dan perempuan yang berbeda atau memiliki sekat yang jelas dengan penempatan letak yang berbeda. Laki-laki disebelah kiri bangunan dan perempuan di sebelah kanan bangunan.

Masih banyak lagi konsep secara islami yang bisa diterapkan, bukan hanya dari segi ornamen kaligrafi saja. Perumahan Islami harus sanggup menerapkan kehidupan yang sakinah diantara para penghuninya dan kehidupan secara Islam harus menjadi prioritas dalam pengambilan konsep desain.

Sumber : kompas.com

0 komentar:


Posting Komentar

Berita Ekonomi

Powered by Blogger Widgets

Berita Hiburan

Powered by Blogger Widgets

Berita Olah Raga

Powered by Blogger Widgets

Google News Headline