rss

Berita Nasional Terbaru

Powered by Blogger Widgets

Berita Internasional Terbaru

Powered by Blogger Widgets

Sabtu, 01 Agustus 2009

Tugas Hilang, Murid SMA Tuntut Amazon


SAN FRANCISCO - Seorang siswa SMA asal Michigan menuntut distributor konten buku digital ternama Amazon.com karena telah menghapus tugas sekolahnya. 

"Amazon.com 'memakan' semua tugas saya," kalimat ini bisa dimaafkan karena diucapkan oleh seorang siswa bernama Justin Gawronski yang kecewa bahan untuk tugas sekolahnya dihapus oleh Amazon. 

Amazon, distributor konten produk buku digital Kindle kini telah mengaku bahwa pihaknya telah menghapus seluruh kopi digital dokumen George Orwell's "1984" secara online milik Gawronski.

Gawronski mengklaim kopi tulisan klasik mengenai bahaya totaliterisme itu dibelinya pada bulan Juni seharga USD0.99. Ketika akan membacanya pada e-book Kindle, Gawronski terkejut karena bahan untuk tugas sekolahnya itu telah raib. 

Rupanya, Gawronski tak sendirian, ada konsumen Kindle Amazon lainnya yang juga melaporkan hal yang sama ke kepolisian wilayah Washington. Laporan ini akhirnya berlanjut pada kasus tuntutan terhadap Amazon. 

"Amazon tidak berhak untuk menghapus konten digital dari konsumer Kindles," kata Gawronski, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (2/8/2009). 

Hal itu memang ada benarnya, karena berdasarkan undang-undang yang berlaku, Amazon dianggap telah melanggar hak konsumen. 

"Amazon tidak memiliki hak untuk menghilangkan konten e-books milik konsumen Kindle. Baik itu konten yang dibeli maupun tulisan si pemilik e-book," kata hakim yang menangani kasus ini. 

Pihak Amazon sendiri telah mengakui bahwa mereka telah menghapus beberapa konten e-book Kindle milik konsumen. Namun Amazon menolak menyebutkan jumlah konsumen yang telah dirugikan oleh mereka. (srn)

Sumber : okezone.com

0 komentar:


Posting Komentar

Berita Ekonomi

Powered by Blogger Widgets

Berita Hiburan

Powered by Blogger Widgets

Berita Olah Raga

Powered by Blogger Widgets

Google News Headline