rss

Berita Nasional Terbaru

Powered by Blogger Widgets

Berita Internasional Terbaru

Powered by Blogger Widgets

Rabu, 12 Agustus 2009

Musim Kemarau, ISPA Meningkat


Gangguan kesehatan berupa infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), di Kota Cimahi, Jawa Barat, cenderung mengalami peningkatan selama empat bulan terakhir.

"Berdasarkan data dari puskesmas, jumlah kasus ISPA di Cimahi empat bulan terakhir meningkat pesat," kata Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Pemberantasan Penyakit di Dinas Kesehatan Kota Cimahi, dr Fitriani Manan, di Cimahi, Kamis.

Ia mengatakan, penderita ISPA di Kota Cimahi rata-rata masuk dalam kategori ’pneumonia’ yang disertai gejala sesak nafas, bukan pneumonia dengan gejala batuk dan pilek pada anak berusia di bawah lima tahun (Balita).

ISPA pada Balita bulan Januari 2009, kata Fitriani, tercatat 2304 kasus dan Februari sedikit naik menjadi 2353 kasus. Ia memperkirakan kasus ISPA pada Juli dan Agustus 2009 diperkirakan akan tinggi, karena memasuki musim kemarau yang menyebabkan pergantian suhu mencolok antara siang dan malam hingga pagi hari.

Pada musim pancaroba seperti sekarang, menurut dia, penyakit ISPA, memang cukup rawan, karena keadaan udara yang kering, kelembaban suhu rendah, di samping pengaruh debu yang menyebabkan iritasi ’mukosa’ pada hidung yang pada akhirnya menyebabkan pilek.

Kasus ISPA juga sangat erat kaitannya dengan kondisi udara yang kotor, kata Fitri. "Dari data terlihat, Cimahi Selatan yang merupakan daerah industri dan rawan polusi udara, kasusnya paling tinggi dibanding Cimahi Utara dan Tengah," katanya.

Sumber : kompas.com

0 komentar:


Posting Komentar

Berita Ekonomi

Powered by Blogger Widgets

Berita Hiburan

Powered by Blogger Widgets

Berita Olah Raga

Powered by Blogger Widgets

Google News Headline